Selasa, 08 Juli 2008

Proteksi 24 Jam : Sekolah dan Pondok

Memang manusia tiada habisnya apabila membicarakan masalah keinginannya. Akan tetapi hal itu akan terbentur oleh sifat kehati-hatian mereka terhadap sekelilingnya. Itu mungkin sebabnya Pondok Modern Assalaam Gandokan Temanggung memberikan solusi akan hal tersebut, yaitu hausnya manusia dengan kebutuhan dunia atau ilmu umum dan kebutuhan akhirat atau ilmu agama. Keduanya diramu dalam satu kurikulum yang apik sehingga terjadi keharmonisan dan menjadi kebutuhan manusia yang terpenuhinya kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat atau kata-kata dalam pendidikan yaitu kita membutuhkan keselarasan iptek dan imtag.
Itupun masih kurang maka dibentengi juga dengan keselarasan seni dan yang lainnya, dan semuanya itu terdapat dalam Pondok Modern Assalaam Gandokan Temanggung. Pagi sekali kita bangun untuk melaksanakan sholat tahajut dilanjutkan dengan tadarus al-Qur'an hingga dikumandangkannya sholat Subuh. Lari pagi atau olah raga dengan pelajaran mufradat adalah makanan pada pagi hari, dilanjutkan MCK. Pada pukul 06.45 masuk sekolah -- untuk saat ini baru ada sekolah MTs dan MA -- hingga 11.30 kemudian Sholat Dzuhur dan makan siang, Masuk sekolah pada pukul 13.00 hingga 14.45 seterusnya sholat Asar. Khasanah hadist dan Al-Qur'an menjadi makanan sore, dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler -- Komputer, sepak bola, batminton, bola volly, basket, qiro'ah, les lainnya hingga 17.00 dengan sebelumnya sudah mandi bersih setelah beraktifitas sore itu.
Kelompok kecil sebelum maghrib menjadi makanan selanjutnya sholat Maghrib, tadarus, Qisah, tausiyah, hingga sholat Isya -- semua sholat dilakukan berjamaah. Sebelum makan malam ada beberapa teman yang melakukan renungan karena melakukan kesalahan.
(Bersambung)

Tidak ada komentar: