Sabtu, 12 April 2008

RADIASI PONSEL KE OTAK

Pengguna ponsel dalam jangka panjang bisa menaikkan resiko terkena tumor otak, sebuah studi terbaru yang dilakukan ilmuwan Swedia Jumat. Penelitian ini sangat kontradiktif dengan riset yang pernah dilakukan sebelumnya.
Dewan kesehatan Belanda meninjau dan mencatat perkembangan penelitian seputar radiasi ponsel dari seluruh dunia. Tahun lalu penelitian menyebutkan radiasi dari ponsel dan menara TV tidak memiliki dampak buruk pada kesehatan. Sementara penelitian yang dilakukan peneliti Inggris berdasarkan survei selam "Total 85 orang dari 905 kasus yang dikategorikan sebagai pengguna ponsel dengan intensitas tinggi, dalam hal ini orang-orang yang sering menggunakan ponsel setiap waktu. Penelitian juga menunjukkan naiknya resiko terkena tumor pada bagian kepala dimana ponsel sering digunakan.
Kjell Mild, Ketua Studi, mengatakan mereka yang kemudian terkena resiko ini adalah para pengguna ponsel dengan kualitas tinggi. Misalnya mereka yang menggunakan ponsel sekitar 2 ribu jam dalam hidup mereka memiliki kecenderungan kenaikan resiko menderita tumor ganas sekitar 240 persen, terutama pada sisi kepala dimana ponsel sering digunakan.
"Resiko ini cenderung menurun jika mereka sering menggunakan handsfree," kata Mild seperti dikutip Reuters. Mild juga menyebutkan penelitian ini adalah yang terbesar pada pengguna ponsel di seluruh Swedia sejak 1984, lebih lama dari yang selama ini pernah diteliti negara lain. (Andy/h20) (Kutipan dari Majalah Remaja & Sekolah Bulanan Matras Mei-Juni '06, h22)

1 komentar:

TEATER 42 YOGYAKARTA mengatakan...

burhan..ana pernah baca artikel mengenail radiasi hp ke otak ...menurut artikel tersebut ..tidak penelitian yang akurat mengenail radiasi tersebut baik pada otak,pom bensin,pesawat,pentir dan guntur...ana lupa tanggal artikel tersebut dan dari mana.